Warga UHT Lakukan Qurban dan Sholat Iedul Adha di Masjid Uswatun Hasanah ilattaqwa

SURABAYA, Kamis 29 Juni 2023. Keluarga Besar Civitas akademika UHT merayakan  Sholat Idul Adha 1444 H berjamaah bersama di Masjid Uswatun Hasanah iIattaqwa milik Universitas Hang Tuah yang berada di Kampus Laut Biru jl: Arif  Rahman Hakim 150 keputih Surabaya.

Jamaah umat Islam yang hadir memenuhi masjid melakukan Takbir, Tahlil dan Tahmid mengumandangkan kebesaran nama Alah swt di dalam masjid ilattaqwa UHT. Mereka semua adalah perwakilan Dosen, Tendik dan Mahasiswa serta keluarga yang hadir memenuhi panggilan Allah melaksanakan ibadah Sholat Iedul Adha 1444 H. dipimpin oleh imam dan Khotib: Prof. Dr. Aries Sulistyono,, ST. MASc., PhD. Guru Besar Teknik Perkapalan ITS.

Khotib dalam khotbahnya menjelaskan: “keteladanan dan kesabaran nabiyulloh Ibrohim as saat menerima wahyu firman Allah ujian untuk menyembelih Ismail putra kesayangannya, patut dijadikan contoh dan suri tauladan bagi umat Islam sedunia, dimana Allah telah meluluskan niat tulus nabiyulloh Ibrahim as dalam menjalankan perintah tuhannya, sehingga pada akhirnya Allah mengggantikan posisi Ismail saat itu dengan menggganti  seekor Domba yang gemuk dan besar”

Mengambil Ibrah sejarah Qurban untuk meningkatkan prestasi. Sebagai umat Islam yang beriman sudah sepatutnya meniru dan melakukan percontohan dan Suri Tauladan Nabi Besar Ibrahim. AS dan putranya Nabi Ismail. AS, yang benar benar secara Tulus, Ikhlas, tabah dan sabar serta Tawakal menerima Ujian dan Cobaan dari Allah SWT yaitu: Ibrahim di utus oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail demi tujuan akhir untuk kesempurnaan Imannya. Dan oleh Allah pada saat itu lewat malaikat Jibril akhirnya di gantikanlah Ismail dengan seekor Domba.

Ini merupakan kebesaran nyata Allah untuk Rosulnya. Pada intinya hingga saat ini, kita sebagai orang Islam yang beriman harus percaya diri dengan segala Munajad dan Doa doa yang pernah di mintakan Nabi besar Allah Ibrohim As kepada umatnya dan umat generasi berikutnya, umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sebagai bukti nyata tentang keberadaan pelaksanaan rukun Islam yang ke Lima ialah Ibadah Haji, yang di dalamnya terdapat pula rukun dan syaratnya menyembelih Hewan Qurban. Dan ini adalah satu bukti contoh keteladanan Nabi besar Ibrohim AS yang hingga saat ini sampai akhir zaman nanti tauladannya tidaklah lekang oleh waktu.

Erik Sugianto, ST., MT., P.hD Ketua panitya sholat Hari Raya Iedul Adha 1444 H masjid ilattaqwa UHT mengatakan:”Selesainya rangkaian acara Sholat Idul Adha berjamaah yang dimulai tepat pukul 06.00 wib, maka akan segera dilanjutkan dengan acara penyembelihan dan pemotongan hewan Qurban oleh tim panitya. Total ada empat ekor sapi dan Sembilan ekor kambing yang disembelih untuk Qurban dan dibagikan tahun ini, dan kesemua hewan tersebut adalah merupakan amanah dan titipan dari para dermawan pengorban yang terdiri dari: pengurus Yayasan Nala, Rektor, wakil rektor serta para jamaah masjid Uswatun Hasanah ilattaqwa Civitas akademika Universitas Hang Tuah Surabaya. @kominfouht2023.